Pages

Wednesday, January 12, 2011

Lensa Pancake Mungil dari Rusia: Industar 50-2

Pancake? Ini bukan blog tentang masak-memasak, tentu saja! Itulah sebutan untuk lensa mungil dengan bodi pendek menyerupai kue apem, atau pancake [ˈpænkeɪk].

Lensa Industar 50-2 ini didesain untuk kemudahan untuk membawanya, yang sebenarnya tidak sepadan dengan fakta bahwa kamera [D]SLR itu sendiri yang tidak bisa dikatakan compact. Fungsi compact-nya bisa dirasakan bila memakai saudara lensa ini -- Industar 50, yang mempunyai mount M39 -- pada kamera rangefinder, seperti kamera Rusia FED atau Zorky.


Spesifikasi yang terbaca pada bodi lensa, 3.5/50 menunjukkan bukaan terbesarnya adalah f/3.5 dan panjang fokal 50, namun sebenarnya lensa ini memiliki panjang fokal 52,48mm. Barangkali, demi alasan kemudahan penyebutan dan marketing, lensa ini dilabeli 3.5/50 begitu saja.

Inilah spesifikasinya:

Focal Length:
52 mm (52.48 mm)
Aperture:
1:3,5
Angle of view:
45°
Frame size:
24x36 mm
Distance from first to last the surface:
18.55mm
Number of elements/groups:
4/3
Number of diaphragm blades:
7
Limits the scale of the diaphragms:
1:3,5 - 1: 16
Closest focusing distance:
0,65 m

Kopi lensa yang kudapat dari eBay ini memiliki tanda pemakaian yang jelas pada ring fokusnya dengan kondisi ulir fokus yang berputar-lepas tanpa ada hambatan grease karena ulirnya kering. Berkat karakteristik lensa ini yang mirip pancake, helicoid fokusnya sudah kelihatan tanpa harus membongkar lensa sehingga dengan mudah bisa kutambahkan grease pada helicoid tersebut. Fokus menjadi sedikit berat pada awalnya, namun setelah kusemprotkan sedikit sekali WD-40 jalannya ulir fokus sudah terasa mulus dan nyaman.

Diagram lensa Industar 50-2
dengan desain lensa Tessar 50mm f/3.5

Desain optik Industar 50-2 adalah lensa Tessar, yaitu lensa dengan 4 buah elemen yang ditemukan Paul Rudolph di tahun 1902 di pabrik lensa Zeiss. Bilah diafragma lensa ini terletak di antara elemen kedua dan ketiga. Berbeda dengan desain lensa yang biasa kutemui, ring diafragma lensa Industar ini sekaligus berfungsi sebagai tempat ulir filter. Sehingga apabila kita mengubah lebar bukaan diafragma, filter akan turut berputar. Pengoperasiannya pun sedikit merepotkan karena ring diafragma tersebut sangat kecil sehingga agak susah di pegang dengan jari. Seringkali aku keliru memutar ring fokusnya. Aku pun tidak bisa menghitung klik diafragma untuk menentukan lebar bukaan tanpa melihat skalanya, karena ring ini tidak ngeklik pada tiap-tiap bukaan, dan juga tanpa ada setelan presetnya. Sehingga aku hanya mengira-ngira saja bukaan diafragmanya.


Sebagaimana halnya dengan bodinya yang mungil, filter yang bisa digunakan untuk lensa ini pun ukurannya cukup unik juga: 33mm! Kalian pun akan susah mendapatkan filter seukuran itu. Bila cukup beruntung, beberapa lensa ini yang dijual di eBay sudah memiliki filter UV yang dipaketkan dalam penjualannya.

Belum banyak yang bisa kuceritakan mengenai lensa ini karena baru saja datang dari Ukraina siang tadi. Aku pun baru mencoba beberapa jepretan. Cukup bagus di bukaan terbesar dengan sedikit kurang kontras dan tambah tajam setelah stop down. Lumayan lah untuk lensa mungil dengan harga yang bersahabat.

2 comments:

  1. heheh, boleh dicoba berjama'ah ini gan...
    lets hunting tonight...!!!
    persiapan tanggal 29 nanti...

    ReplyDelete