Pages

Saturday, November 20, 2010

Enna Munchen Ennalyt 135mm f/3.5

Ini adalah lensa tele fix produksi Jerman Barat (pada masa itu, sebelum Jerman bersatu. Tahun pembuatan aku tidak tahu). Copy yang kumiliki adalah Ennalyt 135mm f/3.5 dengan mount M42, ber-body plastik. Spesifikasi lengkapnya kurang tahu juga, karena waktu mencoba googling tidak ada informasi yang bisa kudapat mengenai lensa ini.


Dengan mount M42, aku tinggal menancapkannya pada body Sony DSLR Alpha 290 kesayanganku, dengan adapter M42-MA AF confirm yang kudapat dari eBay. Kesan pertama memegang set kamera dengan lensa ini: cukup ringan untuk ditenteng karena body terbuat dari plastik dan pas untuk membidik, dengan focusing yang cukup nyaman berkat mekanik lensa yang masih bagus dan bobot lensa yang cukup ringan. Beberapa waktu lalu aku pernah mencoba menggunakan Jupiter 21M 200mm f/4 yang bobotnya minta ampun, sehingga untuk focusing aku harus konsentrasi menyangga bobot lensa sambil mencoba memutar ring fokus.

Foto disamping adalah hasil jepretan pertamaku dengan lensa ini, tidak mengecewakan, IMHO. Rencana selanjutnya adalah mengeksplorasi lensa ini lebih dalam lagi dan mencoba mencari sasaran jepret sambil mengupgrade kemampuan fotografiku.
Posted by Picasa

No comments:

Post a Comment